https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/issue/feed Jurnal TNI Angkatan Udara 2025-11-19T01:17:25+00:00 Staf Komunikasi dan Elektronika Angkatan Udara jurnal@tni-au.mil.id Open Journal Systems <table class="data" width="100%" bgcolor="#c9ded2"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="30%">Journal title</td> <td width="70%">: Jurnal TNI Angkatan Udara </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%">Initials</td> <td width="70%">: jpb</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%">Abbreviation</td> <td width="70%">: <em>J. TNI AU</em></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%">Frequency</td> <td width="70%">: 4 issues per year (February, May, August, and November)</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%">Prefix DOI</td> <td width="70%">: 10.62828/jpb </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%">e-ISSN / p-ISSN</td> <td width="70%">: 2809-5723 / 2809-5464</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%">Editor In Chief</td> <td width="70%">: Marsma TNI Dr. Nur Priyanto P., M.Pd.</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="30%">Publisher</td> <td width="70%">: Staf Komunikasi dan Elektronika, TNI Angkatan Udara</td> </tr> </tbody> </table> <p>Jurnal TNI Angkatan Udara (jpb) is a multidisciplinary journal in science and technology applications in various aspects. jpb publishes original research articles, review articles (only selected/invited authors), as well as short communication. jpb covers the following topics, but it is not limited to:<br />1. Frontier Technology (especially Aeronautics and Air Space technology)<br />2. Applied Natural Sciences (Chemistry, Physics, Biology) in all aspects<br />3. Applied Formal Sciences (Mathematics, statistics, actuarial) in all aspects<br />4. Material Science for military and defense<br />5. Research about STEM<br />jpb is published four times a year in February, May, August, and November. </p> <p> </p> https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/171 1. STRENGTHENING AIR FORCE OPERATIONAL READINESS IN THE DIGITAL ERA: A CYBER-AEROSPACE SECURITY FRAMEWORK FOR THE INDONESIAN AIR FORCE 2025-08-14T05:14:43+00:00 Daniel Kresna danielkresna2705@gmail.com Erwin Kurnia winmaroes@gmail.com Hadrianita danielkresna214@gmail.com Sri Indah danielkresna214@gmail.com Novi Rahmawati danielkresna214@gmail.com Rudi Damanik danielkresna214@gmail.com Desri Alina danielkresna214@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan menginvestigasi ancaman siber-kedirgantaraan terkini dan merumuskan kerangka keamanan untuk memperkuat kesiapan operasional TNI Angkatan Udara. Kajian sistematis terhadap literatur internasional (2021–2025) mencakup ancaman seperti <em>GNSS spoofing</em>, kerentanan <em>ADS-B</em>, dan teknologi <em>Counter-UAS</em>. Pendekatan penelitian menggabungkan kajian pustaka comprehensif dan pemodelan konseptual untuk menyusun roadmap integrasi <em>Network-Centric Warfare Indonesia (NCWI)</em> dengan <em>Joint All-Domain Command and Control (JADC2)</em>. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi fusi navigasi multisensor, deteksi anomali ADS-B berbasis pembelajaran mesin, dan sistem C-UAS modular dapat secara signifikan menurunkan waktu respons serta meningkatkan <em>situational awareness</em>. Roadmap yang diusulkan mencakup prioritas jangka pendek, menengah, hingga panjang untuk mencapai dominasi informasi di semua domain operasi. Temuan ini relevan untuk pengembangan kebijakan dan strategi pertahanan udara nasional ke depannya.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/176 2. PENGEMBANGAN INVENTORY TOOLS BERBASIS WEBSITE DI PT MULYA SEJAHTERA TECHNOLOGY BANDUNG 2025-10-06T02:42:39+00:00 Furqon Muchammadfurqon10@gmail.com I Kadek Agus Wira Adnyana 1Wiraadnyana446@gmail.com Ego Widoro ego.widoro@ppicurug.ac.id Nugroho Budi Nugroho1201@gmail.com Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Kusuma Muchammadfurqon10@gmail.com Tia Dikatama Tsania Muchammadfurqon10@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membangun, dan menganalisis<br>kelayakan sebuah aplikasi inventaris peralatan yang komprehensif dan berbasis website untuk<br>menggantikan sistem manual. Manajemen inventaris peralatan (tools) merupakan aspek<br>fundamental dalam industri perawatan pesawat udara yang menuntut tingkat presisi dan<br>keamanan tertinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh identifikasi masalah krusial pada sistem<br>kontrol peralatan yang faktanya masih mengandalkan metode manual berbasis formulir kertas.<br>Sistem manual ini terbukti menimbulkan berbagai hambatan operasional, seperti inefisiensi<br>waktu yang signifikan akibat proses pengisian formulir. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian<br>mengadopsi metodologi pengembangan perangkat lunak Rapid Application Development<br>(RAD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebuah aplikasi inventaris peralatan berbasis<br>website telah berhasil dikembangkan dengan fungsionalitas penuh. Hasil validasi menegaskan<br>bahwa sistem ini "Sangat Layak" untuk diimplementasikan, dengan menghasilkan rata-rata<br>kelayakan yang sangat tinggi, yaitu 95,33%. Berdasarkan bukti tersebut, dapat disimpulkan<br>bahwa sistem yang dikembangkan bukan hanya sekadar solusi konseptual, melainkan sebuah<br>platform yang teruji, andal, dan sangat layak untuk mentransformasi proses manajemen<br>peralatan di PT Mulya Sejahtera Technology Bandung.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/175 3. RANCANGAN INTERFACE AUDIO RECORDING PADA PERALATAN HIGH FREQUENCY SINGLESIDE BAND BERBASIS ARDUINO NANO 2025-10-06T02:36:30+00:00 Furqon Muchammadfurqon10@gmail.com Tri Kurniawan Hardafi Muchammadfurqon10@gmail.com Rakin Ghiyat Muchammadfurqon10@gmail.com Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Rayhan Kemal Muchammadfurqon10@gmail.com Tia Dikatama Tsania Muchammadfurqon10@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan teknisi pada saat maintenance<br>peralatan. Standarisasi Peralatan Keamanan Penerbangan saat ini terus digalakkan oleh<br>pemerintah demi mengurangi risiko kecelakaan transportasi udara. Pada saat sekarang ini,<br>Sebuah bandara di haruskan memiliki fasilitas komunikasi penerbangan yaitu voice recorder.<br>Sesuai Keputusan Presiden Nomor 35 tahun 2019. Oleh karena itu untuk mempermudah<br>kinerja teknisi untuk mengatasi peralatan rusak/sedang maintenance, penulis mencoba<br>membuat sebuah rancangan alat sebagai recording untuk memudahkan teknisi pada saat<br>maintenance dan peralatan recording tetap jalan walaupun pada saat peralatan dimaintenance. Input berasal dari radio yang digunakan ATC untuk direkam dan disimpan<br>dalam media penyimpanan di dalam aplikasi tersebut.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/177 4. PENGEMBANGAN CONTROL TOOLS BERBASIS WEBSITE DI HANGGAR 01 TEKNIK PESAWAT UDARA POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG 2025-10-06T02:47:07+00:00 Furqon Muchammadfurqon10@gmail.com I Kadek Bagus Erdi Andika kadekerdi2@gmail.com Muizuddin Azka muizuddin.azka@brin.go.id Ego Widoro ego.widoro@ppicurug.ac.id Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Kusuma Muchammadfurqon10@gmail.com Tia Dikatama Tsania Muchammadfurqon10@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan control tools berbasis website<br>di hangar 01 Teknik Pesawat Udara Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Hanggar<br>01 Program Studi Teknik Pesawat Udara merupakan salah satu hanggar yang digunakan<br>sebagai proses pembelajaran yang terdapat di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug.<br>Menganalisis Kelayakan control tools berbasis website di hangar 01 Teknik Pesawat<br>Udara Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Metode yang digunakan Metode<br>Waterfall merupakan salah satu metode dalam system development life cycle (SDLC)<br>yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan sistematis<br>dan berurutan. Hasil penelitian uji GTMetrix membuktikan performa website yang baik<br>dengan skor kecepatan dan efisiensi tinggi. Validasi oleh ahli IT memperoleh skor 94%<br>(Sangat Layak), AMTO Manager 83% (Layak), dan pengguna 92% (Sangat Layak).<br>Pengembangan control tools berbasis website di Hangar 01 Teknik Pesawat Udara<br>Politeknik Penerbangan Indonesia Curug telah berhasil dilakukan menggunakan metode<br>Waterfall. Sistem ini dirancang untuk mendukung proses pengelolaan data alat (tools)<br>secara digital, mulai dari pencatatan, peminjaman, pengembalian, hingga pelaporan,<br>sehingga menggantikan metode manual yang sebelumnya digunakan. Dengan adanya<br>aplikasi ini, proses kontrol dan pendataan tools menjadi lebih cepat, efisien, dan<br>terdokumentasi dengan baik.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/178 5. ANALISIS KEGAGALAN TRIM AIR VALVE P/N 1320A0000-02 PESAWAT AIRBUS A330 SERIES DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DI PT GMF AEROASIA 2025-10-06T02:51:59+00:00 Nida Nurhafilah nidanurhafilah@gmail.com furqon Muchammadfurqon10@gmail.com Djoko Herwanto djoko.herwanto58@gmail.com Benny Kurnianto benny.kurnianto@ppicurug.ac.id Ego Widoro Muchammadfurqon10@gmail.com Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Kusuma Muchammadfurqon10@gmail.com Tia Dikatama Tsania Muchammadfurqon10@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegagalan komponen Trim Air<br>Valve (TAV) pada pesawat Airbus A330 dengan menggunakan metode Failure Mode and<br>Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Data penelitian diperoleh dari sumber<br>sekunder berupa Aircraft Maintenance Manual (AMM), Component Maintenance Manual<br>(CMM), Shop Report, serta data engineering dari PT GMF AeroAsia dengan total 57 kasus<br>kegagalan pada 14 registrasi pesawat. Hasil analisis FMEA menunjukkan bahwa penyebab<br>dominan kegagalan adalah internal leakage dengan jumlah 28 kasus. Analisis FTA<br>mengidentifikasi akar masalah yang meliputi tidak adanya pemeliharaan pada Maintenance<br>Planning Document (MPD), ketiadaan task card, kondisi iklim tropis Indonesia, kesalahan<br>prosedur perawatan, kurangnya kepatuhan teknisi, serta area kerja yang tidak bersih.<br>Penelitian ini merekomendasikan tindakan perbaikan berupa penambahan prosedur pada<br>MPD atau task card, peningkatan disiplin kerja teknisi, serta penyesuaian prosedur<br>pemeliharaan sesuai kondisi operasional tropis. Hasil penelitian diharapkan dapat<br>memberikan kontribusi pada peningkatan keandalan sistem, keselamatan penerbangan,<br>serta efisiensi program pemeliharaan.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/179 6. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PELAYANAN JASA KEBANDARUDARAAN DI BANDAR UDARA KOLONEL ROBERT ATTY BESSING 2025-10-06T02:57:08+00:00 Furqon Muchammadfurqon10@gmail.com Jamaludin jamaludinatpu14@gmail.com Ronny Samsul Bahri ronny.bahri@binus.ac.id Rakin Ghiyat Muchammadfurqon10@gmail.com Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Rayhan Kemal Muchammadfurqon10@gmail.com Tia Dikatama Tsania Muchammadfurqon10@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan budaya<br>organisasi terhadap pelayanan jasa kebandarudaraan di bandar udara kolonel robert atty<br>bessing. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh<br>kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap pelayanan jasa kebandarudaraan. Sampel<br>penelitian persone Bandar Udara Kolonel Robert Atty Bessing Pengumpulan data dilakukan<br>melalui survei online. Hasil penelitian mununjukan bahwa Kepemimpinan berpengaruh<br>signifikan secara parsial terhadap Pelayanan Jasa Kebandarudaraan, Budaya Organisasi<br>memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Pelayanan Jasa Kebandarudaraan,<br>variabel Kepemimpinan (X₁) dan Budaya Organisasi (X₂) secara simultan memiliki pengaruh<br>signifikan terhadap variabel Pelayanan Jasa Kebandarudaraan (Y). Berdasarkan hasi<br>pengolahan deskriptif menujukan semua variabel memiiki hasil pada rentang baik, yang<br>memiiki arti kepemimpinan, budaya organisasi dan pelayan jasa di Bandar Udara Kolonel<br>Robert Atty Bessing berada pada penerapan yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat<br>memberikan kontribusi bagi pengembangan pelayanan jasa dibandara secara berkelanjutan.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/180 7. ANALISIS KEANDALAN FUEL CONTROL UNIT P/N 441921-5 PADA APU HONEYWEL GTCP131-9 (A) PESAWAT AIRBUS 320 - 200 DI PT INDONESIA AIR ASIA 2025-10-06T03:03:21+00:00 Furqon Muchammadfurqon10@gmail.com Hilman Taufik banghilmantaufik@gmail.com Ego Widoro Muchammadfurqon10@gmail.com Nugroho Budi Muchammadfurqon10@gmail.com Nurdin Muchammadfurqon10@gmail.com Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Tia Dikatama Tsania Muchammadfurqon10@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keandalan FCU dengan P/N 441921-<br>5 yang digunakan pada APU Honeywell GTCP131-9(A) milik maskapai PT Indonesia Air Asia.<br>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan<br>menggunakan distribusi probabilitas Weibull sebagai dasar analisis reliabilitas. Data yang<br>dianalisis diperoleh dari catatan aircraft maintenance logbook selama periode tahun 2017<br>hingga 2024, yang mencatat sebanyak 19 kejadian unscheduled removal terhadap komponen<br>FCU. Proses analisis dimulai dari penentuan parameter shape (β) dan scale (η) dari distribusi<br>Weibull melalui regresi linier, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan nilai mean time to<br>failure (MTTF), keandalan (reliability), dan laju kegagalan (failure rate). Hasil penelitian<br>menunjukkan bahwa nilai MTTF dari komponen fuel control unit P/N 441921-5 adalah sebesar<br>5.820 jam terbang. Pada titik ini, tingkat keandalan komponen berada pada 40,97%, yang<br>berarti sekitar 59,03% dari unit FCU diperkirakan mengalami kegagalan sebelum mencapai<br>usia operasional tersebut. Selain itu, laju kegagalan (failure rate) pada umur MTTF sebesar<br>0,000205 per jam terbang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mendukung<br>pengambilan keputusan teknis di PT Indonesia Air Asia, terutama dalam hal penyusunan<br>jadwal perawatan dan penggantian komponen secara lebih tepat.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/181 8. DESAIN PERANCANGAN LOWCOST VIBRATION SENSOR UNTUK PEMANTAUAN KONDISI BEARING PADA SISTEM ROTASI ANTENA RADAR 2025-10-06T03:08:13+00:00 Firmansyah firmansyah@aau.ac.id Muhammad Ferry Eka Sulistyawan mferryeka@gmail.com Rakin Ghiyat ikeo.santai@gmail.com Kurniawan ikeo.santai@gmail.com Rayhan Kemal ikeo.santai@gmail.com Tia Dikatama Tsania ikeo.santai@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi getaran bearing dalam mendukung<br>kegiatan pemeliharaan berkelanjutan secara real-time, sebagai alternatif penggunaan sensor.<br>Kinerja sistem radar sangat bergantung pada beberapa faktor, salah satunya pada fungsi<br>mekanik yang bertumpu pada bearing untuk menopang antenna saat berputar. Adanya<br>gangguan pada rotasi yang dapat disebabkan oleh kondisi bearing yang tidak baik akan<br>menurunkan performa kinerja radar, bahkan dapat menyebabkan kegiatan operasional sistem<br>berhenti secara keseluruhan. Oleh karenanya, pemantauan kondisi bearing menjadi hal penting<br>untuk mendeteksi secara dini gejala kerusakan melalui analisis getaran dengan menggunakan<br>sensor getaran. Penelitian ini menawarkan solusi low cost vibration sensor berbasis Arduino<br>Nano dengan memanfaatkan akselerometer ADXL345 untuk mendeteksi getaran bearing<br>dalam mendukung kegiatan pemeliharaan berkelanjutan secara real-time, sebagai alternatif<br>penggunaan sensor getaran komersial yang mahal. Melalui desain perangkat keras berupa<br>Arduino Nano dan sensor ADXL345, dilakukan pemrograman sistem untuk akuisisi data<br>getaran, serta analisis data dalam domain waktu dan frekuensi menggunakan Fast Fourier<br>Transform (FFT). Sensor tersebut diuji pada bearing antena radar di salah satu satuan radar<br>TNI AU, sehingga hasilnya dapat mensimulasikan baik kondisi normal, tidak seimbang<br>(unbalance) maupun misalignment. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa dengan analisa<br>yang tepat dan teliti menggunakan software Matlab, sistem mampu membedakan pola getaran<br>antara kondisi normal dan abnormal dengan akurasi cukup baik. Kontribusi utama penelitian ini<br>adalah pengembangan sistem sensor getaran yang efisien dengan harga terjangkau, mudah<br>dibawa (portable) dan efektif diimplementasikan untuk pemantauan kondisi bearing pada<br>sistem rotasi radar dengan harapan dapat menjadi dasar pengembangan sensor pada<br>penerapan Condition Based Maintenance (CBM) untuk mendukung operasional radar.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara https://e-jurnal.tni-au.mil.id/index.php/jpb/article/view/182 9. ATRISI MILITER DALAM PERENCANAAN OPERASI MILITER ANALISIS KOMPREHENSIF MODEL MATEMATIKA UNTUK ATRISI PERSONEL DAN LOGISTIK 2025-10-06T03:14:23+00:00 Andri Gandhy ronny.bahri@binus.ac.id Ronny Samsul Bahri ronny.bahri@binus.ac.id Muchammad Furqon Muchaddats Muchammadfurqon10@gmail.com Rakin Ghiyat Muchammadfurqon10@gmail.com Kurniawan Muchammadfurqon10@gmail.com Rayhan Kemal Muchammadfurqon10@gmail.com Tia Dikatama Tsania Muchammadfurqon10@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan analisis komprehensif tentang model<br>matematika atrisi militer dengan fokus pada atrisi personel dan logistik dalam konteks<br>perencanaan operasi militer modern. Penelitian ini mengintegrasikan model teori klasik<br>seperti persamaan Lanchester dengan sistem kontemporer seperti CALAPER (Campaign<br>Level Ammunition and Petroleum Expenditure Rates) untuk memberikan kerangka analitis<br>yang holistik. Metodologi penelitian meliputi analisis literatur ekstensif, pengembangan model<br>matematika terintegrasi, dan implementasi skenario operasional realistis untuk validasi<br>model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi model atrisi personel dan logistik<br>memberikan prediksi yang lebih akurat terhadap efektivitas operasional dibandingkan<br>pendekatan parsial. Model yang dikembangkan mampu memprediksi tingkat atrisi dengan<br>akurasi tinggi dan memberikan wawasan strategis untuk optimasi alokasi sumber daya.<br>Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup peningkatan akurasi perencanaan operasi,<br>optimasi alokasi sumber daya, dan pengurangan risiko operasional melalui prediksi atrisi<br>yang lebih baik.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara