7. PENGARUH KEBIASAAN KADET DAN POTENSI INTELEGENSI TERHADAP INDEKS PRESTASI KADET MAHASISWA

Penulis

  • nadiza lediwara
  • Aulia Khamas Heikmakhtiar
  • Sembada Denrineksa Bimorogo
  • Sadiyana Yaqutna Naqiya
  • Salman Alfarisi
  • Shella Athaya Miwazuki
  • Fira Putri Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.62828/jpb.v3i1.94

Kata Kunci:

Regresi, indeks prestasi, kadet mahasiswa

Abstrak

Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI) merupakan kampus bela negara yang menerapkan pendidikan akademik dan kemiliteran. Nilai prestasi akademik mahasiswa diukur dengan Indeks Prestasi. Nilai tersebut dapat mencerminkan prestasi belajar kadet mahasiswa. Besarnya nilai indeks prestasi suatu kadet mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, contohnya adalah kebiasaan dan potensi intelegensi kadet mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel kebiasaan dan intelegensi kadet mahasiswa melalui metode persamaan regresi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada kadet mahasiswa. Hubungan antar variabel diuji dengan hipotesis asosiatif. Berdasarkan pengolahan data pada model regresi terdapat 2 variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen, yaitu lama durasi belajar dan jumlah UKM. Sedangkan variabel independen lainnya yaitu durasi tidur, olahraga, dan jumlah makan dalam sehari tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.

Unduhan

Diterbitkan

27-02-2024