6. Manajemen Sistem Pendidikan TNI Angkatan Udara (Studi Kasus di Skadron Pendidikan 201 Lanud Sulaiman)
DOI:
https://doi.org/10.62828/jpb.v1i1.42Kata Kunci:
analysis, design, development, implementation, evaluationAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara komprehensif
pengelolaan sistem pendidikan di Skadron Pendidikan 201 TNI Angkatan
Udara. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus. Tiga metode
pengumpulan data yang umum digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi, dan pengumpulan dokumen. Analisis data yang dilakukan adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Bentuk
inovasi penyelenggaraan pendidikan dalam menghadapi alih teknologi sebagai
model pengembangan pembelajaran berdasarkan aturan atau prosedur yang
membentuk jaringan yang harus diikuti sesuai pentahapannya meliputi: (1) Analisis
sistem pendidikan (2) Perancangan sistem pendidikan (3) Pengembangan sistem
pendidikan (4) Implementasi sistem pendidikan (5) Evaluasi sistem pendidikan.