9. ANALISIS PERBANDINGAN OPERASIONAL ANTARA VISUAL DOCKING GUIDANCE SYSTEM DAN MARSHALLING
DOI:
https://doi.org/10.62828/jau.v3i4.30Kata Kunci:
Visual Docking Guidance System, Penyusunan, Analisis Komparatif, Operasi PesawatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatnya lalu lintas udara,
efisiensi operasional bandar udara menjadi semakin penting, terutama dalam proses parkir
pesawat. Visual Docking Guidance System dan marshalling merupakan dua metode
utama yang digunakan untuk memandu pesawat menuju tempat parkir. VDGS merupakan
sistem otomatis yang memanfaatkan sensor dan algoritma canggih untuk memandu pesawat
dengan cepat dan akurat, sehingga meningkatkan efisiensi dan keselamatan dengan
mengurangi ketergantungan pada faktor manusia. Sebaliknya, marshalling melibatkan
personel darat yang memberikan panduan manual dengan sinyal visual, sehingga
menawarkan fleksibilitas yang besar untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi
lingkungan. Namun, metode ini berisiko tinggi terhadap kesalahan manusia, yang dapat
meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan atau kerusakan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis perbandingan antara VDGS dan marshalling dengan fokus pada
efisiensi, akurasi, keselamatan, dan kepuasan pengguna. Studi literatur yang dilakukan
mengintegrasikan hasil penelitian dari jurnal yang diterbitkan dalam dekade terakhir,
Penelitian yang dilakukan oleh Mathavara menunjukkan bahwa marshalling memiliki risiko
yang signifikan terkait dengan kesalahan manusia, yang dapat memengaruhi keselamatan
operasi penerbangan. Kesalahan dalam proses penyusunan dapat meningkatkan risiko
kecelakaan dan insiden, mengingat metode ini sangat bergantung pada keterampilan
komunikasi dan penilaian individu dari penyusun. Di sisi lain, VDGS, dengan fitur-fitur
otomatisnya, dapat mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dan meningkatkan
keselamatan operasional yang menunjukkan bahwa VDGS unggul dalam hal efisiensi dan
akurasi, sementara penyusunan tetap relevan dalam situasi yang memerlukan penyesuaian
manual. Sebagai kesimpulan, VDGS menawarkan keuntungan yang signifikan dalam hal
kecepatan dan keselamatan, sementara penyusunan tetap penting dalam menghadapi
kondisi operasional yang dinamis. Manajemen risiko terhadap kesalahan manusia dalam
penyusunan adalah kunci untuk memastikan keselamatan dan efisiensi dalam proses parkir
pesawat.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal TNI Angkatan Udara
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.