6. Analisis Karakteristik Aerodinamika dari Berbagai Geometri Fin Bom 500 lbs dengan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)

Penulis

  • Giri Yudho
  • Bariq Nasution
  • Y. H. Yogaswara
  • Sapta Jengkar
  • Handoko

DOI:

https://doi.org/10.62828/jpb.v1i2.24

Kata Kunci:

bom, simulasi, CFD, fin, aerodinamika

Abstrak

Dalam perancangan bom udara dibutuhkan analisis dan aerodynamic database untuk mengetahui performa dan karakteristiknya secara dinamika terbang. Penelitian ini

bertujuan untuk mengetahui karakteristik aerodinamika pada komponen fin, serta mengetahui pengaruh perbedaan bentuk geometri fin terhadap karakteristik aerodinamika bom secara kolektif. Metode yang digunakan adalah analisis numerik dengan simulasi CFD untuk memprediksi karakteristik aerodinamika dan mengamati fenomena aliran yang terjadi. Model yang digunakan adalah bom sejenis MK 80 Series 500 lbs yang didesain dengan CAD berbasis data pengukuran dari 3D Scan. Simulasi secara numerik dilakukan untuk mengetahui karakteristik aerodinamika dari desain bom udara pada masing-masing konfigurasi fin bom yang dianalisis. Hasil yang diperoleh terdapat perbedaan nilai koefisien lift, drag, dan aerodynamic center. Geometri fin trapesium dan persegi panjang menunjukkan hasil yang relatif tidak jauh berbeda, sedangkan geometri fin segitiga menunjukkan deviasi CL dan CD yang relatif tinggi pada angle of attack yang besar dibandingkan dua model lainnya. Berdasarkan hasil simulasi, fin persegi panjang memiliki karakteristik aerodinamika yang lebih baik dibandingkan fin segitiga karena menyerupai karakteristik aerodinamika fin original yang berbentuk trapesium.

Unduhan

Diterbitkan

29-09-2022