7. ANALISIS KEANDALAN FUEL CONTROL UNIT P/N 441921-5 PADA APU HONEYWEL GTCP131-9 (A) PESAWAT AIRBUS 320 - 200 DI PT INDONESIA AIR ASIA
DOI:
https://doi.org/10.62828/jpb.v4i4.180Kata Kunci:
Fuel Control Unit, Keandalan, MTTF, Laju Kegagalan, WeibullAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keandalan FCU dengan P/N 441921-
5 yang digunakan pada APU Honeywell GTCP131-9(A) milik maskapai PT Indonesia Air Asia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan distribusi probabilitas Weibull sebagai dasar analisis reliabilitas. Data yang
dianalisis diperoleh dari catatan aircraft maintenance logbook selama periode tahun 2017
hingga 2024, yang mencatat sebanyak 19 kejadian unscheduled removal terhadap komponen
FCU. Proses analisis dimulai dari penentuan parameter shape (β) dan scale (η) dari distribusi
Weibull melalui regresi linier, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan nilai mean time to
failure (MTTF), keandalan (reliability), dan laju kegagalan (failure rate). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai MTTF dari komponen fuel control unit P/N 441921-5 adalah sebesar
5.820 jam terbang. Pada titik ini, tingkat keandalan komponen berada pada 40,97%, yang
berarti sekitar 59,03% dari unit FCU diperkirakan mengalami kegagalan sebelum mencapai
usia operasional tersebut. Selain itu, laju kegagalan (failure rate) pada umur MTTF sebesar
0,000205 per jam terbang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mendukung
pengambilan keputusan teknis di PT Indonesia Air Asia, terutama dalam hal penyusunan
jadwal perawatan dan penggantian komponen secara lebih tepat.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




