6. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PELAYANAN JASA KEBANDARUDARAAN DI BANDAR UDARA KOLONEL ROBERT ATTY BESSING
DOI:
https://doi.org/10.62828/jpb.v4i4.179Kata Kunci:
Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Pelayanan Jasa Kebandarudaraan, KuantitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan budaya
organisasi terhadap pelayanan jasa kebandarudaraan di bandar udara kolonel robert atty
bessing. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh
kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap pelayanan jasa kebandarudaraan. Sampel
penelitian persone Bandar Udara Kolonel Robert Atty Bessing Pengumpulan data dilakukan
melalui survei online. Hasil penelitian mununjukan bahwa Kepemimpinan berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap Pelayanan Jasa Kebandarudaraan, Budaya Organisasi
memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Pelayanan Jasa Kebandarudaraan,
variabel Kepemimpinan (X₁) dan Budaya Organisasi (X₂) secara simultan memiliki pengaruh
signifikan terhadap variabel Pelayanan Jasa Kebandarudaraan (Y). Berdasarkan hasi
pengolahan deskriptif menujukan semua variabel memiiki hasil pada rentang baik, yang
memiiki arti kepemimpinan, budaya organisasi dan pelayan jasa di Bandar Udara Kolonel
Robert Atty Bessing berada pada penerapan yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi bagi pengembangan pelayanan jasa dibandara secara berkelanjutan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




