5. ANALISIS KEGAGALAN TRIM AIR VALVE P/N 1320A0000-02 PESAWAT AIRBUS A330 SERIES DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DI PT GMF AEROASIA
DOI:
https://doi.org/10.62828/jpb.v4i4.178Kata Kunci:
Trim Air Valve, Airbus A330, FMEA, FTA, Internal LeakageAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegagalan komponen Trim Air
Valve (TAV) pada pesawat Airbus A330 dengan menggunakan metode Failure Mode and
Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Data penelitian diperoleh dari sumber
sekunder berupa Aircraft Maintenance Manual (AMM), Component Maintenance Manual
(CMM), Shop Report, serta data engineering dari PT GMF AeroAsia dengan total 57 kasus
kegagalan pada 14 registrasi pesawat. Hasil analisis FMEA menunjukkan bahwa penyebab
dominan kegagalan adalah internal leakage dengan jumlah 28 kasus. Analisis FTA
mengidentifikasi akar masalah yang meliputi tidak adanya pemeliharaan pada Maintenance
Planning Document (MPD), ketiadaan task card, kondisi iklim tropis Indonesia, kesalahan
prosedur perawatan, kurangnya kepatuhan teknisi, serta area kerja yang tidak bersih.
Penelitian ini merekomendasikan tindakan perbaikan berupa penambahan prosedur pada
MPD atau task card, peningkatan disiplin kerja teknisi, serta penyesuaian prosedur
pemeliharaan sesuai kondisi operasional tropis. Hasil penelitian diharapkan dapat
memberikan kontribusi pada peningkatan keandalan sistem, keselamatan penerbangan,
serta efisiensi program pemeliharaan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal TNI Angkatan Udara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




