6. RANCANGAN RUTE PENERBANGAN APPROACH CONTROL AREA DI WILAYAH UDARA ELTARI

Penulis

  • Ivan Yusri
  • Muchammad Furqon Muchaddats
  • Kurniawan P.Y.
  • Dikatama T

DOI:

https://doi.org/10.62828/jpb.v3i3.111

Kata Kunci:

APP/TMA Kupang, SOP, Desain rute ATS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan desain konsep rute
penerbangan/ rute ATS dan titik-titik penting di wilayah udara APP/TMA Kupang yang
akan digunakan sebagai sarana rute lalu lintas udara disalah satu kepulauan Indonesia
timur yang terus meningkat pada setiap tahunnya dalam hal ini untuk meningkatkan
keselamatan dan efisiensi lalu lintas udara khususnya di APP/TMA Kupang. Terdapat
beberapa tantangan dalam penyelenggaraan pelayanan lalu lintas udara di wilayah udara
APP/TMA Kupang. Pertama, terdapat 13 bandara perintis di wilayah udara yang tidak
memiliki rute ATS. Hal ini dapat menimbulkan konflik antar pesawat dan juga menyulitkan
ATC untuk menyediakan layanan pemisahan. Kedua, SOP saat ini tidak menyebutkan
ketentuan mengenai penerbangan yang tidak memiliki rute ATS serta dapat menimbulkan
kebingungan dan risiko keselamatan. Ketiga, jangkauan radio komunikasi di wilayah
udara tidak selalu memadai sehingga menyulitkan ATC untuk berkomunikasi dengan
pesawat. Menurut surve pada tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat keempat
dalam 10 besar pasar penumpang domestik di dunia, oleh karena itu perlu adanya
penambahan rute penerbangan sebagai sarana lalu lintas udara yang akan segera
dilaksanakan pada kesempatan pertama oleh Perum LPPNPI Kantor Cabang Kupang.
Untuk menjamin keselamatan penerbangan, penting untuk memiliki layanan navigasi
udara yang memadai Perum LPPNPI Kantor Cabang Kupang bertanggung jawab
terhadap pelayanan lalu lintas udara di wilayah udara APP/TMA Kupang.

Unduhan

Diterbitkan

06-08-2024